Belajar Menulis dari Om Jay di KBMN PGRI 29


         

Judul : MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG TERJADI."

Resume ke : 1 (satu)
Gelombang : 29
Tanggal : 19 Juni 2023
Tema : Menulis Setiap Hari
Narasumber : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd.
Moderator : Ibu Raliyanti

Pada malam hari ini tanggal 19 Juni 2023 pukul 19.00 - 21.00 WIB merupakan babak baru dalam kehidupan saya didunia tulis-menulis. Biasanya saya membaca tulisan orang lain dan juga membaca novel di aplikasi novel gratis. Sekarang saya akan belajar menulis sendiri di blog saya pribadi. Malam ini saya sedang belajar menulis dengan Om Jay dan di pandu oleh ibu Rallyanti. Pertemuan ini melalui aplikasi whatsapp di grup KBMN 29. Kami juga diminta untuk membuat resume hasil pertemuan.

            Pada pertemuan ini berbicara tentang pengalaman, tips dan trik menulis dari Om Jay yang telah malang melintang selama 15 tahun. Menurut Om Jay, "Menulis dan Membaca merupakan sebuah kebutuhan". Menulis itu ibarat kita minum sedangkan membaca seperti kita sedang makan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Om jay memberikan tips untuk menulis sebaiknya dilakukan setiap hari paling sedikit 500 kata dimulai dengan 3 alinea saja, yaitu alinea pembuka, isi, dan penutup. Apabila kita telah terbiasa maka alinea berikutnya akan berkembang dengan sendirinya. Dilain pihak, om Jay juga mengasah menjadi seorang blogger dengan cara setia untuk menulis setiap hari walaupun ditengah kesibukan beliau sebagai seorang guru di SMP Labs School Jakarta. Dengan menulis setiap hari maka kita tidak akan pernah kehilangan ide dalam menulis. Ide menulis itu sederhana saja dimulai dengan kejadian yang kita alami dalam sehari-hari, baik di rumah maupun ditempat kerja. Om Jay berpesan menulislah terlebih dahulu lewat blog pribadi secara gratis. Disini kita berlatih menulis sebelum pindah ke blog professional dan berbayar. Selain itu, pesan om Jay yang lain adalah menulis setiap hari merupakan sedekah ilmu ke pada orang lain. Lewat tulisan kita, orang lain dapat mengambil manfaat dari informasi yang kita sampaikan. Dalam mengatasi rasa malas, om Jay berpesan agar kita banyak berteman dan bergaul dengan teman sesama penulis. Karena biasanya teman akan meningkatkan semangat kita. Ketika om Jay mengalami sedikit kejenuhan beliau berbagi pengalaman dengan cara pergi ke toko buku dan membli buku best seller. Menurut om Jay, ide bisa timbul dari mana saja salah satunya dengan membaca atau menonton berita ataupun film. Dalam meningkatkan kualitas tulisan, salah satunya adalah menulis setiap hari. Untuk meningkatkan jangkauan pembaca atau supaya tulisan kita viral yaitu dengan aktif di media sosial dan Whatsapp grup. Tulisan-tulisan yang berasal dari apa yang kita sukai dan tidak kita sukai, tidak akan menyinggung orang lain. Tips yang lain dari Om Jay adalah fokuslah pada tulisan pertama walaupun muncul berbagai ide lainnya. Untuk mengurangi kekhawatiran dalam menulis, om Jay berpesan untuk memulai dulu menulis.

          Pada sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab antara peserta dengan Om Jay. Pertanyaan ini seputar teknis menulis di melintas.id; bagaimana mengelola blog yang terbengkalai, Bagaimana cara mengatasi rasa malas yang muncul saat menulis, bagaimana membagi waktu antara bekerja dan menulis, bagaimana cara mengatasi kejenuhan ketika manulis, Cara menemukan ide untuk menulis, bagaimana membuat tulisan yang tidak menyinggung orang lain.

          Pada sesi penutup, Om Jay membuat sebuah kesimpulan berupa menulis harus dimulai dengan tingkat kepercayaan dan tingkat komitmen yang tinggi. Dalam membuat sebuah tulisan yang menarik harus sering berlatih tanpa henti dengan ahlinya. Menulis sendiri adakalanya harus dipaksakan Tulisan yang hebat dan menginspirasi hendaknya berasal dari ide sendiri, menulis dengan gaya Bahasa sendiri dan tidak menjiplak dari tulisan orang lain.

Komentar

  1. Luar biasa,
    Sedikit saran saja, bahwa Tulisan terlalu panjang, buatlah menjadi beberapa paragrat ... Tks

    BalasHapus
  2. Semangat, teman. Yang penting nulis dulu, aturan, gaya bahasa, typo dll bisa diperbaiki dan dipelajari pelan-pelan. :)

    BalasHapus

Posting Komentar